Udah tau struktur Laba-Rugi?

sejujurnya awal-awal usaha saya masih bingung dengan yang namanya PROFIT.. jenisnya ada banyak banget euuy..



ada Gross Profit, ada Operating Profit, ada Net Profit.. sudah tau kah maksud dari ketiga istilah diatas?

agar lebih gampang di pahami coba lihat gambar dibawah..

Pembagian laba pada laporan laba rugi terdiri atas tiga bagian, yakni:

1. Laba kotor
Laba kotor adalah pendapatan langsung perusahaan atas penjualan produknya.
Laba kotor = Pendapatan dari penjualan bersih dikurangi Harga pokok penjualan. Laba kotor memberi informasi tentang seberapa jauh perusahaan mampu menutupi biaya produknya. sering di sebut Gross Profit Margin

2. Laba operasi
Laba operasi merupakan selisih antara Laba Kotor dengan seluruh biaya dan beban operasi. Laba operasi dapat digunakan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan perusahaan memperoleh pendapatan dari KEGIATAN BISNIS UTAMAnya.

3. Laba bersih
Laba bersih mengindikasikan profitabilitas perusahaan. Laba bersih adalah kelebihan penjualan bersih terhadap harga pokok penjualan dipotong beban operasi dan pajak penghasilan. Faktor-faktor yang mempengaruhi laba bersih perusahaan adalah pendapatan, beban pokok penjualan, beban operasi, dan tarif pajak penghasilan.

lebih enak lihat digambar deh,, gampang kan?

sayangnya masih banyak pengusaha yang udah jalan bisnisnya cukup lama tapi belum ngerti mengenai hal yg sangat penting seperti ini. Jadinya banyak yg bingung, ngerasa bisnisnya untuung tapi kok ga ada duitnya. Alhamdulillah Guru saya Rendy Saputra bersedia keliling 40 kota di Indonesia dalam 3 bulan ini demi mengajarkan kawan2 UMKM tentang salah satu Fundamental Bisnis: Financial Literacy. Melek Finansial menurut saya harga mati dalam berbisnis. Kalau ga melek siap2 ajah dikadalin sm partner bisnis atau bawahan. Karena sesuatu yang ga bisa diukur, pasti ga bisa diatur.

next insya Allah ngomongin Cashflow.. bantu share yah klo bermanfaat.

sumber : https://www.facebook.com/rendykeke