PENTINGNYA KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PENJUALAN

Kadang kita menganggap bahwa berkomunikasi itu gampang. Kenyataannya, berkomunikasi itu enggak mudah. Apalagi komunikasi yang tepat dan efektif. Jika kita salah dalam menyampaikan sesuatu, maka apa yang dipahami orang lain, bisa jadi berbeda.


Perlu diketahui, ternyata berkomunikasi itu tidak hanya cuma membuka mulut dan berbicara. Karena dalam komunikasi, juga melibatkan gerak tubuh, melibatkan kemampuan untuk memilih kata-kata yang ingin disampaikan, serta melibatkan kemampuan dalam mendengarkan pesan dari orang yang diajak bicara.

Kemampuan berkomunikasi secara utuh dan tepat seperti di atas, tentu akan membawa dampak yang menakjubkan. Karena komunikasi yang sukses, akan membuat pembicara dan pendengarnya memiliki pengertian yang sama. Informasi yang diterima lebih mengena. Hingga akhirnya berujung pada terciptanyan hubungan yang lebih erat.

Begitu pula saat berjualan. Kemampuan berkomunikasi efektif juga sangat berperan dalam menentukan keberhasilan terciptanya transaksi. Berikut ini , beberapa teknik yang perlu kita ketahui.

1.Singkat, Padat, Jelas
Terkadang, sebagai penjual, kerap kali kita terjebak dalam semangat ingin memberikan penjelasan yang begitu panjang dan lebar dengan tujuan agar klien menjadi lebih paham. Padahal, hal ini malah bisa membuat klien terkadang merasa jenuh. Agar tidak terjadi hal seperti ini, uraian terhadap klien sebaiknya menggunakan kalimat yang singkat, padat, dan langsung mengena.

2.Gunakan Bahasa Positif
Seorang penjual juga harus selalu menggunakan kalimat yang bernada positif. Pilih kata-kata positif dalam menyampaikan pesan.

3.Hindari Berdebat
Jangan pernah berdebat dengan seorang klien atau konsumen. Pahami saja, bahwa suatu hal yang wajar bila seorang klien ingin mengetahui apa yang kita tawarkan. Meski terkadang merendahkan dan membandingkan kualitas yang kita tawarkan. Tidak perlu kesal, tetap tersenyum, dan sabar saat klien menanyakan hal-hal yang mungkin cenderung memancing emosi.

4.Ciptakan Rasa Butuh
Buatlah klien mengetahui dan merasakan adanya manfaat dari suatu produk tanpa memaksanya untuk membeli. Ciptakan rasa butuh dalam dirinya. Utamakan nada tulus dan keinginnan untu membantu.

5.Efektifkan Waktu
Waktu yang diberikan oleh seorang klien kepada kita sangatlah berharga. Oleh karenanya gunakanlah komunikasi secara efektif serta tidak membuang-buang waktu. Komunikasi yang terarah, tepat, dan efektif akan berdampak pada penilaian bahwa kita menguasai diri dan memiliki citra yang baik dimata klien.

Segera selesaikan apa yang ingin kita sampaikan, lalu segeralah berpamitan. Atau tetap duduk disitu, dengan berbicara topik yang baru. Tentunya, jika klien kita tidak sedang diburu waktu.