Pelajari ini, sebelum anda bisnis online. DROPSHIP ATAU STOK SENDIRI BARANG NYA?

DROPSHIP ATAU STOK SENDIRI BARANG NYA?
============================================
Pertanyaan ini sering menjadi kendala bagi pemula maupun sudah lama bermain bisnis toko online, semoga tulisan ini menjadi pencerahan bagi sahabat semua nya.

Sebelum saya ulas lebih jauh, kita bandingkan dulu antara kedua nya. Masing masing jenis bisnis ini punya kelebihan kekurangan.

Keunggulan dropship :
---------------------------------
1. Tidak perlu stok barang.
2. Tidak perlu kirim sendiri.
3. Tidak keluar uang dulu. Malah di “modali” dulu oleh pembeli. Gurihhh...
4. Jika sepi, kita gak rugi apa2. Paling cuma rugi biaya iklan dan tenaga.
5. Tidak perlu bayar uang tenaga kerja buat manajemen stok dan gudang.
6. Cocok untuk yang baru start/memulai.
7. Bisa dimulai dengan biaya minim.
8. Silahkan tambahi sendiri disini.....

Website Penyedia Dropship :
---------------------------------

Kekurangan dropship :
---------------------------------
1. Sering di maki maki pembeli karena barang telat di proses dan telat sampai.
2. Supplier sering telat respon dan kirim barang, sehingga proses pengiriman jadi lambat
3. Ketika ada buyer rewel minta di fotokan barang dan tulis nama dia, susah. Kita gak ready barangnya.
4. Ketika ada buyer mau beli banyak, anda pasti kesulitan dan gak punya barang, artinya satu peluang rezeki anda sudah terlewat. Padahal tuhan sudah sediakan, Cuma karena anda tidak siap, rezeki tersebut diambil oleh yang siap.
5. Ketika ada buyer mau video call lihat barang nya, anda gak bisa, karena gak punya stok. Bisa sih nyetok satu atau dua biji, buat jaga2 saja kalau ada buyer rewel. Tapi ketika ada buyer serius mau beli banyak, anda pasti kelabakan.
6. Susah mau di mainkan dengan berbagai jenis jurus marketing. Kecuali anda punya supplier yang top, fast respon, always ready stock. Ini susah nyari supplier kek gini. Kalau anda nemu, BERLIAN betul ini.



Sedangkan untuk stok sendiri :

Kelebihan menyetok barang sendiri :
-----------------------------------------------------
1. Ketika ada buyer minta lihat barang nya baik video atau foto, kita siap. Tunjukin sekalian, ini barang saya segini banyak, mau jadi reseller atau dropship juga bisa.
2. Stok selalu siap, jika ada order, bisa langsung kirim saat itu juga. Otomatis cepat sampai diterima pelanggan dibanding dropship.
3. Saat ada pembeli rewel, bisa kita turuti permintaan nya, misal minta dituliskan nama nya di kertas dan di foto di dekat barangnya.
4. Bisa main grosir, stok cepat habis dan perputaran uang cepat.
5. Bisa menang perang harga ( jika import sendiri ). Jika ada pesaing ngajak perang harga banting-bantingan, kita siap. PIRO MODALMU? ( berapa modalmu ) kok ngajak perang harga.
6. Jika stok sendiri, bisa di masukkan ke berbagai marketplace, otomatis menaikkan citra toko kita. Juga menambah pundi2 rupiah kita.
7. Bisa supply toko online lain atau cari reseller. Ini yang gurih,

Kekurangan stok barang sendiri :
-------------------------------------------
1. Keluar uang dulu buat kulakan. Tentu banyak modal yang berhenti disini, karena uang anda jadi stok barang.
2. Butuh modal agak besar. Tidak cocok buat pemula yang gak punya modal.
3. Harus bungkusi dan kirimkan sendiri paket nya.
4. Butuh tenaga kerja buat gudang dan atur stok secara tepat dan teperinci.
5. Silahkan ditambahi sendiri ya......

http://www.websitepraktis.com/cara-buat-toko-online/lapax.html

Kalau mas samian pacing, lebih preffered yang mana?

Saya terus terang stok sendiri. Sedikit atau banyak, saya nyetok sendiri. Ya seperti yang saya jelaskan diatas tadi, kalau dropship banyak faktor yang di luar kontrol kita. Jika barang itu ada di kita, kita mau gaya marketing seperti apa, kita bisa sesuaikan. Tapi ketika kita gak punya barang, pusing pastinya. Mau grosir, mau retails, bisa. Mau system consigment ke toko toko di sekitar kita, bisa. Mau di titipin di tenant mall, bisa. Mau pakai sistem SPG di mall, bisa. Pilih yang cakep2 ya SPG nya, hahhaha... mau pakai sales keliling, bisa. Mau di pakai supply tender perusahaan atau koperasi atau komunitas, bisa. Kapanpun barang bisa diantar ke calon pembeli. Kita bisa ukur kemampuan kita. Kalau online, di jual di marketplace besar jelas bisa. Misal matahari mall, lazada, elevenia, groupon disdus, bisa semua. soalnya mereka sangat ketat soal stok dan pengiriman., telat bisa di denda anda. tanyakan ke seller yang sudah main disana kalau nggak percaya.

http://lapax.klikusaha.com/


Saya tidak mengatakan bisnis dropship jelek. Bisnis dropship juga sangat bagus. Banyak teman-teman yang kaya raya dari bisnis dropship. Dropship ini juga sebuah bisnis yang keren dan bagus.
Tapi pernah nggak anda bayangkan, yang dropship saja bisa kaya, apalagi kalau anda jadi supplier nya pemain dropship. Apalagi anda menguasai ilmu cara import barang nya, tambah joss lagi. Tambah kaya lagi anda, hehehhe.... Namun semua di kembalikan masing-masing ke diri kita. Ukur saja modal dan kemampuan anda.

Namun perlu di ingat, bisnis online adalah bisnis yang wajib menjunjung reputasi atau nama baik. Ketika reputasi atau performance toko anda buruk, orang nggak akan beli lagi. Misal akibat telat sampai, lambat respons akibat ketidak pastian stok di supplier, Sama juga sih di bisnis offline. Ketika barang sering habis atau order sering telat, maka itu akan menjadi buah bibir calon pelanggan yang lain. Jadi pilihlah secara bijak. Ukur waktu, tenaga, pikiran dan uang.

Saya pernah dropship, saya juga setok sendiri, punya barang sendiri jauh lebih enak. Tengah malam ada yang tanya dan rewel, bisa kita layani. Sekalian kita tantang, “ente butuh berapa banyak?”.Kalau ada buyer bilang, “gan, barang ente kok mahal amat, disana saya ambil cuma sekian”. Langsung saja jawab “saya bisa saja kasih harga ke agan sekian ( jauh lebih murah ) tapi kasihan si pesaing tadi, bisa gak laku, karena dia ambil juga di kita. Disini ( kita ) pemain besar nya yang dipakai kulakan orang-orang disana”.

Karena saya impor sendiri. Ketika ketemu pesaing yang ngajak perang harga, jelas saya berani. Balik modal pun saya jabanin. Asal jangan kalah. Wani piro. Rugi? Nggak. Karena setiap barang, sudah saya tentukan batas bawah harga sebagai uang lelah dan sebagai ganti seandainya modal tersebut di simpan di bank menghasilkan berapa. Ini sudah saya set semua. Jadi gak perlu kuatir. Ketika perang harga, kita siap tarung.

Seperti yang sering saya share distatus saya, banyak sekali produk yang bisa kita datangkan sendiri dari pabrik atau distributor nya di luar negeri, yang harga nya murah, tapi ketika di jual lagi di indonesia, profitnya kerennn bangetttsss...

Yang saya sesali Cuma satu sebenarnya, kenapa saya bisa import kapal ini baru tiga tahun lalu. Seandainya saya tahu cara import barang ini sejak usia awal bisnis online, tentu saya lebih ganteng dari yang sekarang. Wakakkaka... Maklum dulu cari guru yang kompeten susah, dan banyak disimpan oleh para pemain. Kalau import lewat pos dan dhl, sejak 2007 saya sudah mulai, tapi karena kendala ongkir yang mahal dan pajak, sehingga untuk bermain skala besar, ini jadi hambatan.

Itulah mengapa saya rela keluar uang yang nggak sedikit untuk membangun kantor ( sekaligus toko fisik ) dan gudang sendiri, ya seperti yang saya ceritakan tadi, ketika ada toko fisik, ada kantor, ada gudang nya, orang yang mau beli jauh lebih yakin dan confident. Jadi semacam one stop center. Ketika ada calon pembeli yang mau pegang langsung, suruh datang langsung ke toko. Ketika ada yang butuh order online, bisa kontak ke kantor atau cs kita. Ketika pemain besar mau berbisnis dengan kita, ini gudang saya, mau berapa banyak dan supply apa, saya bisa datangkan.

Kalau mau jadi pemain besar, jadi supplier nya para dropship, anda harus bisa datangkan sendiri dari pabriknya. Makanya anda harus ada guru yang bisa membimbing anda kalau mau impor sendiri, biar gak babak belur dan tunggang langgang dan rugi ketipu sana sini akibat gak ngerti milih supplier yang bagus. Makanya, mumpung saya berbaik hati mau berbagi dengan anda, ikut lah webinar pelatihan dan bimbingan menjadi importir, nanti kelas di mulai tanggal 10 september. Peserta terbatas. Hanya untuk yang serius mau praktek. Akan saya ajarkan pada anda bagaimana memulai bisnis impor sekala kecil hingga kontaineran. Saya siap bantu anda.

Anda nanti akan berkumpul dengan komunitas pedagang yang impor sendiri. Bisa odong-odong juga dengan teman-teman kalau modal anda masih kecil. Inilah gunanya komunitas. Kontak saya via inbox jika serius memulai. 10 september start nya.

Kalau anda sudah merasa puas dan cukup dengan kondisi bisnis anda yang sekarang, ya monggo di teruskan saja, gak apa2. Jangan goyah dengan pendapat dan tulisan saya ini. Selama profit lancar, bisnis lancar dan tidak ada komplain sana sini, lanjut saja. Bisnis dropship juga keren. Banyak peluang disini. SEMUA KEPUTUSAN ADA DITANGAN ANDA SENDIRI.

Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan share pada sahabat anda. Jika ada masukan, bisa tinggalkan komentar dibawah.

Sebelum mulai bisnis, belajar dulu sama Mentor Bisnis Kang Rendy Saputra (CEO Keke Busana) di Sekolah Bisnis Dua Kodi Kartika

Total Video yang kami siapkan adalah 99 episode atau setara dengan pembelajaran selama 33 pekan sejak tanggal 1 Agustus 2016.Selain Video, kami juga menyediakan ruang diskusi dua arah di FB Group tertutup dan juga kanal group Telegram.
http://bit.ly/VideoSekolahBisnis