7 Usaha Modal Kecil yang Bisa Dilakukan oleh Siapa Saja

Seiring dengan berjalannya waktu, pekerjaan adalah sesuatu hal sangat susah untuk didapatkan. Tak peduli sarjana dengan IPK yang sangat tinggi, jika tidak memiliki kemampuan dan keberuntungan, pekerjaan tak akan didapatkan. Akhirnya banyak orang memilih melakukan wirausaha dengan membuka usaha bermodal kecil yang menguntungkan. Berikut ini adalah 7 ide usaha modal kecil yang bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan ibu rumah tangga yang sibuk atau anak sekolahan yang tugasnya menumpuk. Mari kita simak bersama-sama.

1. Membuat Usaha Kuliner Online

Menjual kuliner secara online. (qerja.com)

Tak sedikit orang yang membuka sebuah usaha kuliner berbasis online. Keuntungannya adalah mereka tak membutuhkan lagi sewa tempat. Yang dilakukan hanyalah melakukan promosi dan memperkuat branding produk yang diusung. Jika usaha ini berkembang, pembeli akan datang sendiri tanpa perlu dicari. Usaha ini mencakup makanan berat hingga camilan yang tentu saja harus unik.

2. Membuat Makanan yang Unik dan Khas
Ide ini adalah pengembangan poin pertama. Anda bisa mengembangkan apa yang Anda jual menjadi sesuatu yang unik. Yang lebih penting lagi, memiliki nilai manfaat yang besar, misalnya Anda membuat keripik pare atau donat dengan karakter lucu. Hal-hal unik akan membuat usaha Anda semakin terkenal, hingga Anda berpeluang untuk mendapatkan untung yang besar.

3. Menjadi Seorang Penerjemah

Menjadi penerjemah di rumah. (berkshireahec.org)

Penerjemah sangat dibutuhkan untuk menerjemahkan berbagai dokumen. Selain itu, mereka juga sering dicari untuk penulisan artikel untuk web atau pun blog. Untuk menjadi penerjemah, yang dibutuhkan adalah kemampuan berbahasa asing dan bahasa sasaran yang tinggi. Selebihnya mungkin pengalaman dan modal untuk koneksi internet dan berbagai perangkat lunak pembantu penerjemahan. Pelajar bisa melakukan ini jika kemampuan bahasa asingnya sangat baik. Ibu rumah tangga juga bisa melakukannya saat buah hatinya sedang tidur atau bersekolah.

4. Menjadi Seorang Dropshiper dari Toko Online
Meski tidak memiliki toko dan juga modal untuk membeli barang dagangan, Anda masih bisa melakukan penjualan barang kepada banyak orang, bahkan barang yang Anda jual jumlahnya bisa tidak terbatas. Yang Anda lakukan adalah menjadi seorang dropshiper bagi beberapa toko online. Saat ini, banyak sekali toko online yang menyediakan program ini dengan imbalan komisi yang cukup besar. Anda cukup melakukan promosi dan menjaring banyak penjual. Nanti pihak toko akan mengirimkan barang yang dipesan konsumen Anda langsung ke alamatnya. www.WebsitePraktis.com

5. Distro Baju
Distro baju adalah salah satu usaha modal kecil yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Tak perlu toko yang besar. Cukup sebuah laman web yang berisi banyak sekali desain yang bagus. Jika ada pembeli yang memesan baju, siapkanlah dengan cetakan sablon yang sesuai. Apabila kualitas barang yang dijual sangat bagus. Maka bukan tak mungkin distro kecil-kecilan ini menjadi terkenal.

6. Membuka Les
Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang ilmu tertentu, tak ada salahnya untuk membuka les. Kerja samalah dengan beberapa orang agar les yang Anda buka menjadi lengkap. Usaha ini mungkin modalnya kecil, namun hasil yang didapatkan akan cukup besar. Saat ini banyak orang tua yang mencari jasa les agar anak-anaknya memiliki prestasi yang tinggi di sekolahnya.

7. Membuat Kerajinan Tangan

Menjual kreasi tangan. (http://paradepok.com)

Kerajinan tangan unik tidak memerlukan banyak modal. Yang penting saat Anda memulai usaha ini adalah idenya. Kalau ide yang dimiliki unik maka barang kerajinan Anda akan laku keras. Anda tak perlu membuat sesuatu yang rumit, yang penting sederhana namun memiliki nilai jual yang besar. Kerajinan seperti bros, gantungan kunci, aksesori untuk rumah, dan lain sebagainya, bisa Anda pilih untuk dikembangkan.

Tujuh usaha modal kecil di atas hanyalah sebagian saja. Anda bisa melakukan eksplorasi ide lain yang mungkin jauh lebih unik dan menghasilkan. Jadi, daripada banyak menganggur, lebih baik memulai usaha sejak sekarang, supaya keuntungan berlimpah bisa Anda dapatkan.