Siapa Bisa Hentikan Zuckerberg? Ketika Kekuatan Uang dan Kecerdasan Bersatu

Mark Zuckerberg makin sukar dibendung berkat keperkasaan Facebook. Siapa bisa melawannya menguasai jagat maya?

Di saat raksasa teknologi lain semacam Google, Microsoft dan Apple merosot pendapatannya, tak demikian dengan Facebook. Dalam 13 kuartal berturut turut, jejaring sosial terbesar dunia itu mencatat kenaikan pendapatan yang katanya, jarang sekali dilakukan sebuah perusahaan.

Dikutip detikINET dari Telegraph, di kuartal 1 2016, Facebook meraih untung USD 1,5 miliar, sebagian besar dari iklan online. Namun bukan soal uang itu saja yang membuat Zuck dan Facebook jadi sosok powerful di dunia maya.

Facebook dan aplikasi miliknya, yakni WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger sangat populer di seluruh dunia. Semuanya berkat aksi jitu Zuck melakukan aksi akuisisi yang kemudian sukses di kemudian hari.

"Setiap kali Zuckerberg mengidentifikasi ancaman, dia mencari solusinya. Di 2012, ketika Facebook kesulitan di era smartphone, dia membeli Instagram. Mencium kekuatan messaging, dia membeli WhatsApp USD 19 miliar. Dan tahun ini untuk meramaikan tren siaran langsung via smartphone ala Periscope, dia fokus di live video di Facebook," tulis James Titcom, kolomnis teknologi dari Telegraph.

Facebook juga punya modal yang lumayan besar di teknologi masa depan. Antara lain dengan akuisisi Oculus Rift, perusahaan yang bergerak di bidang virtual reality. Mereka juga telah membuat drone untuk memancarkan internet di daerah terpencil.




Namun meningkatnya kekuasaan Facebook tersebut, dengan sendirinya membuat otoritas memberi perhatian lebih. Mungkin saja Facebook akan diselidiki karena dugaan penyalahgunaan dominasinya di pasar atau terkait penghindaran pajak.

Pemerintah India belum lama ini melarang internet gratis Facebook karena dinilai tidak adil, tidak memberikan akses yang sama ke semua website. Sedangkan praktek penyimpanan data oleh Facebook juga jadi sorotan.

Bagaimanapun, Zuck sudah terbukti sukses memimpin Facebook sejauh ini. Apakah dia akan terus begini? Seperti kata orang, waktu yang akan menjawabnya.

Source : http://inet.detik.com/read/2016/05/09/095238/3205678/398/siapa-bisa-hentikan-zuckerberg