Menerawang Gemerlap Bisnis Wisata Luar Angkasa

Setidaknya saat ini ada tiga perusahaan yang serius menggarap paket wisata ke luar angkasa.
Planet Bumi tampaknya tak cukup untuk menampung ambisi manusia dalam hal berplesiran. Buktinya, Bumi kita yang luas ini ternyata sudah tak terlalu menarik untuk dijelajahi bagi sebagian orang. Segelintir kaum jetset kini dikabarkan menyasar luar angkasa sebagai tujuan wisata mereka.

Ya, wisata luar angkasa memang terdengar ekstrem dan mahal. Mungkin tak semua orang dapat merasakan sensasi bepergian ke luar angkasa. Namun, peluang itu tetap saja ada, wisata luar angkasa bakal menjadi hal yang lumrah di masa depan.

Sebagai bukti, saat ini setidaknya ada tiga perusahaan yang serius menggarap paket wisata ke luar angkasa. Ketiganya adalah Virgin Galactic, SpaceX, dan Blue Origin.

Sebagai informasi, Virgin Galactic adalah bagian dari perusahaan investasi Virgin Group yang didirikan oleh salah satu orang terkaya di dunia, Richard Branson. Sedangkan SpaceX, perusahaan ini merupakan 'saudara kandung' dari produsen mobil listrik Tesla Motors besutan Elon Musk.

Di sisi lain, Blue Origin adalah anak perusahaan dari Amazon yang dibentuk sang pendiri, Jeff Bezos, untuk memenuhi hasratnya menyingkap misteri luar angkasa.

Sayangnya, meski ketiga perusahaan tersebut sudah menjalankan serangkaian uji coba sejak awal 2000-an, paket wisata ke luar angkasa rencananya baru akan benar-benar bisa terwujud pada 2018.

Bos Blue Origin, Jeff Bezos, pada pertengahan 2015 lalu mengumumkan bahwa mereka berencana akan mulai menjual tiket wisata ke luar angkasa pada 2017 untuk keberangkatan di tahun 2018.

Blue Origin sebelumnya telah berhasil meluncurkan dan mendaratkan dua wahana antariksa tak berawak pada periode 2004-2008.

Tak berbeda dengan Blue Origin, Virgin Atlantic juga menyatakan siap membawa wisatawan mengarungi luar angkasa pada 2018. Meski sebenarnya mereka sempat mengalami kegagalan uji coba pada 2014 silam, di mana pesawat SpaceShipTwo milik Virgin Galactic jatuh di gurun Mojave, California.

Bahkan, Virgin Atlantic sudah membuka pembelian tiket bagi yang berminat. Tentu saja tiket tersebut menjadi incaran kalangan selebritas.

Dilansir laman BBC, nama-nama populer seperti Justin Bieber, Ashton Kutcher, Leonardo DiCaprio, hingga Katy Pery sudah memesan tiket wisata luar angkasa bersama Virgin Atlantic yang dibanderol US$250.000 atau setara dengan Rp3,2 miliar per orangnya.

source : http://www.money.id/digital/menerawang-gemerlap-bisnis-wisata-luar-angkasa-1605040.html