Lakukan Daur Ulang, Apple Dapatkan 1 Ton Emas

Sebagai salah satu produsen ponsel pintar yang ramah lingkungan, Apple sedang giat mengurangi limbah dan pemanasan global. Salah satu caranya adalah dengan mendaur ulang semua perangkat Apple yang sudah tak terpakai menjadi barang baru.

Namun, siapa sangka, Apple bisa mendapatkan ribuan ton material dari daur ulang ini. Beberapa material tersebut diantaranya besi, almunium, kaca, dan beberapa material lainnya sebanyak lebih dari 27.667 ton pada tahun lalu, seperti dilansir dari laman Bussines Insider, Jumat 15 April 2016.

Yang lebih mengejutkan lagi, Apple ternyata juga mendapatkan setidaknya sekitar 1 ton emas dari mendaur ulang produk mereka. Jika dikalikan dengan harga emas yang beredar, Apple setidaknya mengantongi Rp519 miliar.

Namun, darimana Apple bisa mengantongi emas sebanyak itu? Menurut sebuah grup aktivis yang berfokus di suplai bahan elektronik, Fairphone, rata-rata sebuah ponsel pintar memiliki kandungan emas sebanyak 30 miligram. Emas itu tersembunyi di papan sirkuit dan komponen internal lainnya.

Dan, setiap tahunnya Apple tercatat mendaur ulang setidaknya jutaan iPhone dan komputer lainnya yang memiliki kandungan emas di dalamnya.

Selain itu, Apple juga dikabarkan sudah mulai mendaur ulang beberapa Apple Watch Edition. Dari sebuah Apple Watch Edition, diperkirakan ada sekitar 50 gram emas dengan kadar 18 karat didalamnya.

source : http://www.money.id/digital/lakukan-daur-ulang-apple-dapatkan-1-ton-emas-160415c.html