DIGITAL MEMBELAH TARGET MARKET

Konon saat ini publik terbelah 2. Generasi Digital Natives dan generasi Digital Imigrant.

Sekilas nampak sederhana. Mereka yang berusia 12 sampai dengan 35 adalah generasi Digital Natives dan mereka yang berusia 35 tahun sampai dengan 65 tahun adalah generasi Digital Immigrant.

Kalau kita telaah lebih dalam lagi ada perbedaan yang mencolok diatara kedua generasi tsb.. Digital natives pola pembeliannya lewat digital. Mereka menyukai surprises ZMOT - Zero Moment OF Truth. Mereka berani belanja sampai puluhan juta untuk suatu aplkasi yg di download dari web. Gak perduli minta cdnya atau USBnya.

Sementara generasi Digital Immigrant belum siap membelanjakan uangnya di online kecuali mereka terima barangnya secara physik. Kalaupun harus mendownload mereka menuntut gratisan. Digital Immigrant ini belanja di online untuk barang2 yang ada fisiknya. Itupun harus ada diskonnya hehehe. Ikut-ikuan baca News portal tapi masih langganan koran. Belanja online tapi pembayarannya lewat bank transfer atau ATM.




Apa yang bisa kita pelajari dari sana?

Bagi anda yang menyasar target market diusia 35 keatas pastikan anda menawarkan produk physical meskipun penjualan lewat online. Jangan lupa diskon dan pembayaran cukup pakai transfer ATM. Oh ya, tambahkan ongkir gratis sebagai bonus.

Kalau anda bermaksdud memasarkan produk digital, sasarlah Doigital native. Meski mereka siap bayar mahal untuk sebuah download, pastikan harganya dibawah 500 ribu. Gak terlalu menuntut diskon sih. Dan pemyaran bisa pakai credit card.

Silahkan menambahkan, melengkapi, mengkritisi postingan ini supaya bermanfaat bagi teman2 UKM yg mulai melek internet. Feel free. 

source : https://web.facebook.com/subiakto.surmakusuma