Wawancara dengan Pengusaha Siomay dan Batagor Kuah Pondok Djuanda di Pasar Kaget Juanda, Margonda Depok

Profil Pengusaha

Nama Pemilik Usaha : Ibu Agus
Usaha : Siomay dan Batagor Kuah Pondok Djuanda
Alamat Rumah : Bukit Cengkeh Blok F
Alamat Usaha : Jl. Juanda, Depok Jawa Barat
Omset : Rp. 1.500.000 - Rp. 2.000.000/hari

Ibu Agus memulai usaha ini pada tahun 2011 dengan modal awal Rp. 9.000.000. Awalnya beliau membuka warung Siomay dan Batogor ini di Brimop. Warung tersebut buka setiap hari mulai dari jam 09.00 pagi sampai pukul 21.00 malam.  Kemudian mulai berjualan di Pasar Kaget Juanda Depok setiap Hari Minggu dengan menyewa dua tenda seharga Rp. 60.000 per minggu. Untuk omset berjualan di Pasar Kaget Juanda beliau bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 1.500.000-Rp. 2.000.000 per hari. Cara untuk menarik pelanggan dilakukan beliau dengan memasang Spanduk besar di tenda nya.

Kendala yang dirasakan saat berjualan di Pasar Kaget Juanda adalah saat cuaca sedang tidak bersahabat. Ketika hujan, Ibu Agus tidak dapat berjualan.
Ibu Agus memilih usaha Siomay dan Batagor karena jajanan yang pedas dengan sambel kacang ini memiliki banyak sekali penggemar baik di kalangan umum, mahasiswa, karyawan perkantoran, maupun anak-anak.

Yang membedakan Siomay dan Batogor Djuanda dengan yang lain adalah Siomay dan Batagor Djuanda merupakan khas Bandung dengan memakai Ikan tenggiri Asli. Dan yang terpenting adalah Siomay dan Batagor ini merupakan Home Made tanpa memakai bahan pengawet. Selain itu, yang unik adalah jika biasanya batagor di sajikan dengan bumbu sambel kacang, di Siomay Batagor Djuanda ini ada batagor yang disajikan dengan kuah. Para peminat kuliner pun menjadi penasaran untuk mencoba Batagor kuah Ibu Agus ini.

Saat ditanya apakah Ibu Agus pernah mengalami kerugian, beliau menjawab setiap usaha pasti akan mengalami jatuh bangun. Kerugian apa saja yang pernah dialami Ibu Agus pun tidak di jelaskan secara rinci oleh Beliau. Beliau hanya berharap Usaha nya ini lebih ramai dan banyak peminatnya serta lebih maju lagi dari sebelum-sebelumnya.

Obesrvasi dilakukan oleh mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta - Kampus Depok bernama Vera Nur Yuliantini Jurusan Aplikasi Perkantoran.

Source : http://depokgoid.blogspot.co.id/2016/04/wawancara-dengan-pengusaha-siomay-dan.html
http://www.rumahentrepreneur.org