Observasi Kepada Pengusaha Nasi Kebuli di Depok

Profil Pengusaha
 
Nama pengusaha : Ibu Manda
Alamat : Jl. Ir. H. Juanda, Depok Jawa Barat
Jenis Usaha : Makanan

Harga Produk :
  • Nasi kebuli kambing Rp. 50.000
  • Nasi kebuli ayam Rp. 35.000
  • Nasi kebuli telor Rp. 25.000
Ibu Manda adalah seorang ibu rumah tangga yang memulai usahanya sebagai pengusaha sejak bulan Januari. Ibu manda memilih usaha tersebut karena meneruskan usaha ibunya. Kemudian dia beralih berjualan nasi kebuli dengan modal 1.500.000 untuk membeli peralatan yang masih kurang. Beliau membeli peralatan seperti : centong, termos nasi, spanduk, toples.

Awalnya ibu manda hanya membantu ibunya untuk berjualan makanan ini karena beliau tertarik dengan berbisnis usaha ini.  Sebelumnya makanan yang dijual nasi kebuli kambing . kemudian ibu manda mempunyai ide untuk membuat nasi kebuli dengan menu yang berbeda dan sekarang nasi kebuli ibu manda sudah ada pilihannya seperti nasi kebuli ayam dan nasi kebuli telur.

Selang beberapa bulan ibu manda memilih usaha ini karena peluangnya sangat bagus, terbukti saat beliau memasarkan makanannya dia bisa mendapatkan omset 20% perhari dari modal yang beliau keluarkan.
Ibu manda memasarkan produknya dengan cara berjualan dipasar traditiona di juanda dan taman mini

Alasan beliau memasarkan makanannya karena tempatnya yang strategis, banyak pelanggan yang datang umtuk berolahraga atau yang berbelanja dari semua kalangan mulai dari menengah ke bawah sampai atas.selain itu daya beli masyarakat semakin semangat untuk mengembangkan usahanya tersebut. Ibu manda berjualan di pasar juanda dari jam 07.00 pagi sampai jam 13.00 siang.

Dalam menjalankan usaha pasti ada kendalanya seperti saat ini musim hujan apalagi membuka usaha outdoor seperti ini. Motivasi ibu manda ingin mengembangkan usahanya yang dijual karena ibu manda melihat peluang yang bagus untuk usaha ini dan usaha ini termasuk jenis makanan yang sangat jarang ditemui. Sekalinya ada makanan ini ada pada saat acara besar maulid nabi.



Obesrvasi dilakukan oleh mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta - Kampus Depok bernama Lia Setiya Anggrahini Jurusan Aplikasi Perkantoran.

source : http://depokgoid.blogspot.co.id/2016/04/wawancara-pengusaha-nasi-kebuli_48.html
http://www.rumahentrepreneur.org