Observasi dengan Pengusaha Baru Susu Botol "Bapak Galih"

Bapak Galih adalah pengusaha “susu botol” dengan berbagai macam rasa seperti greenty, chocolate, strawberry, dll. Yang beralamat rumah di daerah cimanggis. Beliau adalah pengusaha susu yang bisa dibilang baru merintis dalam usaha susu ini karena beliau baru memulai usahanya kurang lebih 2 bulan atau ketika awal bulan Januari 2016. Susu yang beliau jual adalah susu yang beliau buat sendiri. Beliau memilih untuk membuat usaha susu botol karena sekarang sedang membuming produk susu di kalangan masyarakat terutama anak muda.

Di pasar pagi juanda selain menjual susu botol beliau juga menjual berbagai macam produk seperti sepatu, sendal anak, sepatu dewasa dan mainan anak-anak. Untuk hari senin sampai dengan sabtu beliau menjual produknya di toko milik beliau sedangkan susu botolnya selain dirumah juga beliau menjajakan secara online dan menitipkan di warung-warung.

Untuk susu yang beliau jual adalah susu asli yang 100% tanpa pengawet yang hanya bertahan 5 hari ujar beliau. Untuk modal awalnya beliau kira-kira 10 sampai 20 botol dengan kisaran harga 50.000 dengan keuntungan 3.000-5000 dalam satu botol susu yang di jual dengan harga 10.000. omset minimumnya adalah 15 sampai 20 botol .Cara pembuatan susunya dengan cara mencampurkan susu UHT kiloan dengan perasa.

Alasan beliau memilih pasar pagi juanda sebagai tempat berjualan beliau karena dekat dengan rumah dan hanya memasarkannya di daerah Depok saja. Yang membedakan susu botol rasa beliau dengan susu lain adalah untuk rasa sama saja namun yang membedakan adalah proses penyajian dan 100% tanpa pengawet.

Di pasar pagi juanda beliau buka dari jam 5 pagi sampai jam 1 siang. Untuk usaha beliau , beliau tidak memiliki karyawan karena ini adalah usaha keluarga tetapi setiap minggunya saya membawa anak atau istri saya.

Beliau berkata bahwa beliau pernah mengalami kerugian, karena susu kita ada masa expirednya ujar beliau. Yang memotivasi beliau untuk berdagang adalah karena hidup beliau berdagang atau mencari penghasilan untuk keluarga.

Obesrvasi dilakukan oleh mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta - Kampus Depok bernama Septi Rizka Zanirah Jurusan Aplikasi Perkantoran.

Source : http://depokgoid.blogspot.co.id/2016/04/pengusaha-baru-susu-botol.html
http://www.rumahentrepreneur.org