5 Cara Efektif Menemukan Ide, Inovasi Dan Inspirasi Tanpa Batas

Blogging kini oleh sebagian besar penulis maupun yang suka menulis dijadikan mata pencaharian, layaknya jenis pekerjaan lainnya. Bedanya untuk mendapatkan apa yang diterima, blogger terlebih dahulu harus memberikan terlebih dahulu apa yang dimiliki. Lebih kepada informasi, ilmu, dan yang semisal dengannya. Dengan tulisan. Menulis.

Namun permasalahan yang seringkali dihadapi oleh para blogger adalah “mau menulis apa ?”. Karena sudah kehabisan ide dalam menulis. Disitu kadang saya merasa sedih. Tanpa ide dalam menulis, blogging? Habislah sudah. Jadi jelas mengapa kreatifitas itu merupakan jantung dari kegiatan blogging. Kuncinya adalah kreatif. Tidak hanya blogging, tapi desain grafis, programming, bisnis dan lain sebagainya.

Artikel kali ini akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara yang efisien untuk bisa menemukan inspirasi sehingga nantinya Anda akan memiliki ide yang tanpa batas. Paling tidak ini adalah gambaran praktis bagaimana Anda bisa menciptakan pikiran penuh dengan kreatifitas. Tapi satu hal yang perlu Anda ketahui adalah, bahwasanya setiap manusia itu memiliki kreatifitas yang tinggi, namun permasalahannya bagaimana cara untuk menuangkannya. Itu saja.

Cara termudah untuk menuangkan kreatifitas adalah mengkoneksikan semua bagian dalam diri. Biasanya ini tentang maklumat, pengetahuan sebelumnya. Dan bagaimana Anda menatap masa yang akan datang.

Source image

Cara Membangkitkan Kreatifitas Bawaan Anda ?

Kabar baik karena ada cara agar kita bisa mempelajari kembali bagaimana menemukan sisi kreatif dalam diri. Jika kilas balik ke belakang, ketika masih duduk di bangku taman kanak-kanak, guru Anda mungkin pernah menanyakan “Apa saja yang bisa dilakukan dengan bata merah / batako yang ada di depannya?”. Setiap anak memiliki jawaban yang sangat kreatif, banyak sekali yang bisa dilakukan dengan bata.

Ada yang menjawabnya menyusunnya dengan rapi, ada yang menumbuk batanya menjadikannya seperti bumbu makanan, yang sayur-sayurannya di ambil dari tanaman disekitar dan diberikan kepada orang dewasa, lalu memaksa orang dewasa untuk memakannya, jika tidak maka diancam menangis histeris. Ada yang kesal kemudian dijadikan seperti bola basket berbentuk kotak untuk dilempar ke temannya yang membuatnya kesal. Dan banyak lagi cara kreatif anak dalam menilai dan membuat sesuatu.

Berbeda sekali ketika duduk di bangku SD, SMP, dan SMA, berpikir kreatif ini seolah dihilangkan, setiap anak itu diarahkan kepada cara berfikir yang sama, dengan jawaban yang pasti sama. Jika ditanya apa kegunaan bata merah, maka jawabannya membangun rumah. Dan cara berfikir yang sudah belasan tahun membuat daya pikir kreatif seseorang berkurang bahkan hilang sama sekali. Nah oleh karena itu Anda harus kembali melatih bagaimana cara berfikir yang kreatif. Memandang sesuatu dengan cara yang berbeda. Bagaimana jadi seorang yang kreatif.

Bagaimana sih sebetulnya cara dalam berfikir kreatif itu ?  Menurut Dave Stewart, anggota Eurythmics.
“To me, creativity has always been about making a connection between two things that normally don’t go ­together, the joining of seemingly unconnected dots.” ~ Dave Stewart, Eurythmics

Menurutnya, kreatifitas itu biasanya berawal dari mengkoneksikan dua hal yang berbeda yang mana biasanya normalnya hal tersebut tidak dilakukan, menggabungkan dua titik yang berbeda sama sekali.

Ide baru pun muncul dari bertabrakannya informasi mengenai dua hal yang berbeda, sehingga otak menggabungkan banyak sel syaraf berisi informasi, dan memikirkan hal-hal yang tidak terhitung jumlahnya, dan menjalar ke segala arah.  Sebagai contohnya, ketika seseorang mendapatkan ide baru, biasanya hal ini di picu ketika menggabungkan dua hal berbeda yang memang normalnya tidak ada hubungannya. Kreatifitas ini menjembatani keduanya. Namun selain hal tersebut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna menemukan ide, inovasi dan inspirasi, berikut lengkapnya :

1. Santai dan Rilex

Kreatifitas itu datang ketika kondisi tubuh dan pikiran sedang santai dan rilex. Jika Ide tidak ada / belum datang janganlah memaksakan diri, yang pada akhirnya malah nanti Anda jadi stress, kondisi seperti ini malah menjadikan kreatifitas hilang. Santai saja dan rilex, regangkan otot, regangkan syaraf, nikmati udara sekitar, tarik nafas, hembuskan, mungkin Anda bisa mencoba lebih menenangkan diri dengan menjadi natural. Kondisi disekitar yang hening membantu Anda berfikir. Setelah Anda melakukan tahapan ini, maka lanjutkan ke langkah berikutnya. Yakni menjelajahi pikiran / berimajinasi.

2. Jelajahi Pikiran (Imajinasi)

Yang membedakan orang jenius dengan orang pada umumnya sebetulnya hanya di imajinasi, orang pada umumnya hanya menjalankan kehidupan berdasarkan realitas yang ada, sedangkan si jenius membangun suatu konsep yang belum pernah ada sebelumnya. Meskipun sesuatu itu sendiri berdiri di atas konsep yang sudah ada di alam sekitarnya.

Sebagai contohnya , yang dilakukan oleh Abbas Ibnu Firnas ilmuwan muslim di zaman kekhilafahan yang menemukan konsep pesawat terbang sekaligus mengimplementasikannya, konsepnya di temukan 800 tahun sebelum Wilbur O Wright mengadopsinya dan merealisasikannya dalam pesawat terbang masa kini. Dari mana konsepnya ? Dari mengamati bagaimana burung terbang, meneliti bentuk sayap yang aerodinamis.

Sehingga berimajinasi dalam pikiran yang santai dan rilex ini lah mampu memicu daya kreatifitas Anda, tidak hanya untuk blogging tapi untuk banyak hal. Imajinasi memungkinkan Anda menemukan jembatan di antara dua hal yang berbeda. Yang jelas semuanya berawal dari imajinasi seseorang terhadap pengamatan yang ada disekitarnya, ya sesederhana itu.

3. Banyak Belajar dan Referensi

Seorang yang kreatif pun tentunya tidak akan pernah berhenti belajar akan banyak hal, apabila diperhatikan ilmuwan-ilmuwan pun memiliki banyak sekali referensi yang menunjang keilmuwannya. Semakin tinggi keilmuwannya, maka bisa dipastikan semakin banyak juga referensi yang dimilikinya. Seorang designer dan blogger populer pun belajar dan memiliki serta mengamati banyak referensi, dan belajar dari orang-orang yang sebelumnya. Begitu juga dengan Anda, banyak belajar dan memiliki banyak referensi akan menunjang daya kreatifitas Anda.

4. Komunikasi dan Bersosialisasi


Ide dan kreatifitas pun biasanya muncul ketika Anda bersosialisasi dengan banyak orang. Hal-hal sederhana bisa memicu kreatifitas yang luar biasa. Contoh ketika Dustin Moskovitz berbincang dengan Mark Zuckerberg perihal status seorang teman wanitanya, masih single atau tidak. Mark Zuckerberg menjawab bahwa tidak ada seorang pun yang mau kemana-mana menggunakan papandi tempel di bajunya untuk menjelaskan statusnya. Nah dari sinilah ide muncul, yang akhirnya menjadi salah satu fitur bermanfaat di facebook, yakni fitur status seseorang. Yang jelas ide mengalir begitu saja ketika Anda berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang-orang yang bahkan beda bidangnya dengan Anda.

5. Ide Datang Dengan Sendirinya lalu  Improvisasikan

Sepercik ide yang datang pun bila Anda improvisasi maka akan menghasilkan ide-ide luar biasa selanjutnya. Asal Anda tidak lupa untuk mencatatnya ke dalam secarik kertas / handphone atau apapun, jangan sampai ide muncul kemudian Anda tidak mencatatnya. Karena bisa hilang dengan cepat.

Semoga bermanfaat

Source : http://www.rumahentrepreneur.org/5-cara-efektif-menemukan-ide-inovasi-dan-inspirasi-tanpa-batas.html