Kembali Ke Substansi Bisnis

CEO Words
Senin, 1 Februari 2016

Bisnis adalah tentang mencetak profit dan menghasilkan cash. Makadari itu, seorang pebisnis wajib untuk memahami bagaimana cara membaca aksara finansial pada laoran keuangan. karena bisnis memang tentang mencetak skor profit secara nyata. Saya sepakat dan tidak ragu akan itu.

Namun, yang menjadi kegelisahan diri Saya adalah, banyak pebisnis yang kemudian larut dalam pencarian cash semata dan kemudian lalai akan substansi bisnis yang paling mendasar.

Sebenarnya, apa yang menjadi substansi dari sebuah bisnis.

semoga penjelasan singkat Saya berikut ini, mampu memberikan Sahabat Ziders pemahaman yang baik tentang substansi bisnis.

*****
Karena bisnis adalah proses mencetak profit, maka profit tidak akan dapat hadir tanpa adanya penjualan. Dan jika kita memaknai apa itu penjualan, kita akan menyadari bahwa setiap penjualan terjadi karena adanya transaksi. ada yang membeli produk kita, ada orang yang mau mengeluarkan uangnya untuk suatu hal yang kita tawarkan.

Maka mari kita telisik lebih dalam. Mengapa ada orang yang mau membayar untuk sesuatu yang kita tawarkan? mengapa mereka mau membayar? apa yang membuat mereka mau membeli produk kita secara terus menerus?

Uang adalah alat tukar nilai. uang adalah sesuatu yang digunakan oleh manusia untuk mendapatkan nilai yang dia inginkan. Maka, ketika orang mau membayar atau membelanjakan uangnya kepada kita, maka dia sedang berharap sebuah nilai. inilah yang disebut dengan value. kita tidak sedang menjual produk, namun kita sedang menawarkan sebuah nilai, sebuah manfaat, sebuah pemenuhan kebutuhan dari apa yang pasar inginkan.

*****

santer dibicarakan, Gojek mengubah gerak budaya pemakaian ojeg di masyarakat. moda transportasi ojeg secara masif kemudian berubah menjadi moda transportasi on call. sebenarnya ini tidak sekedar masalah teknologi, namun lebih dalam dari itu, Gojeg berhasil memberi jawaban dari masalah yang dihadapi orang.

Beberapa orang terkadang kecewa dengan tarif Ojeg yang tidak masuk akal. beberapa lagi kecewa dengan ketidakpastian tarif, awanya 30 ribu, begitu sampai di tujuan jadi 50 ribu. beberapa orang juga mengkhawatirkan kemanan. lalu Gojeg menjawabnya.

*****

Geliat Indomart dan Alfamart yang melibas usaha kecil juga demikian. diluar isu tentang korporasi yang melumat warung warung kecil, suka atau tidak suka, kita harus mengakui bahwa Indomart dan Alfamart telah berhasil menyediakan apa yang pasar mau dengan harga yang kompetitif.

Warung-warung kecil bertahan dengan sistem lama. sistem kasir yang manual, lalu pencahayaan yang gelap, stock yang tidak mengalir terus menerus, ditambah beberapa barang yang ternyata kadaluarsa, menjadikan kebutuhan akan warung modern semakin tinggi. Indo dan alfa pun kemudian bergerak menyediakan berbagai layanan, mulai dari penjualan pulsa, pembayaran listrik, bahkan pembelian tiket kereta api. kemajuan Indo dan Alfa adalah sebuah kemajuan yang berasal dari semangat substansi bisnis yang benar : ingin hadir menjadi solusi banyak orang.

*****

inilah substansi bisnis yang sebenarnya, bahwa bisnis adalah sebuah kegiatan untuk mentransaksikan nilai kepada pasar. Bisnis proses menghadirkan manfaat melalui produk yang kita tawarkan.

Sehingga, Saya berharap para Ziders tidak hanya larut dalam perhitungan omset semata, namun para Ziders juga harus larut dalam pertanyaan-pertanyaan dibawah ini,

1. sudahkah produk Saya memberi manfaat bagi pembeli?
2. Apakah Produk Saya pantas dibeli terus menerus?
3. Jika hari ini Saya berhasil menjual produk Saya, apakah pembeli Saya akan puas, atau malah akan kecewa?
4. Apakah jasa yang Saya tawarkan memiliki nilai lebih dibanding yang lain?
5. Jika Saya bisa menyediakan produk ini, apakah orang lain mampu menyajikan dengan lebih baik dan dengan ahrga yang lebih murah?

Jika Ziders mampu menyeimbangkan antara hasrat akan omset dan hasrat akan meningkatkan value product, saya yakin sahabat ziders akan mampu memenangkan hati market.

*****

jika terasa ada manfaat dari artikel ini, Saya sangat berbahagia jika Sahabat berkenan like, share dan comment.

Alhamdulillah, Thx For Reading,
Oman, Muscat International Airport
dalam perjuangan mencari wifi

Rendy Saputra
CEO KeKe Group
source : https://web.facebook.com/groups/185218565167664